Denmark Jadi Negara Ke-30 Yang Maju Ke Piala Dunia 2018


Hattrick Christian Eriksen Bawa Denmark Ke Piala Dunia 2018
Hattrick Christian Eriksen Bawa Denmark Ke Piala Dunia 2018

AGEN SBO - Pertarungan untuk memastikan satu tempat di babak utama Piala Dunia 2018 telah selesai diperebutkan antara Irlandia dengan Denmark. Kemenangan telak 1 - 5 memastikan Denmark jadi negara ke-30 yang maju ke Piala Dunia 2018 di Russia.

Hasil mengejutkan didapat tuan rumah Republik Irlandia saat menjamu Denmark pada laga leg kedua playoff Piala Dunia zona Eropa di Aviva Stadium, Rabu (15/11/2017) dini hari waktu Indonesia. Satu gol tuan rumah dicetak Shane Duffy, sedangkan gol kemenangan Denmark dicetak Christian Eriksen (tiga gol), Nicklas Bendtner, dan bunuh diri Cyrus Christie.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada leg pertama di markas Denmark, Telia Parken, Sabtu (12/11/2017). Irlandia sebenarnya memiliki keuntungan dengan status tuan rumah dan skor 0-0 pada laga pertama di markas Denmark.

Memasuki babak pertama, sang tuan rumah langsung membuat semangatnya semakin terpacu. Irlandia sukses unggul lebih dulu di menit enam memanfaatkan skema sepak pojok yang dilakukan oleh Daryl Murphy. Murphy yang mengirimkan umpan ke kotak penalti, langsung disambut oleh Shane Duffy menggunakan sundulan. Tandukan dari Duffy mengarah ke sudut kiri atas gawang Kasper Schmeichel dan mengubah papan skor menjadi 1-0.

Setelah tertinggal 0-1, Denmark mulai mencari cara untuk menyamakan kedudukan. Di menit 10 peluang bagi Denmark datang melalui Jan Larsen. Sayang tandukan Larsen yang berhasil lolos dari jebakan offside masih berada di samping gawang Irlandia. Di menit 17, kiper Irlandia, Darren Randolph, menjadi penyelamat. Tendangan keras William Kvist mampu diamankan dengan baik.

Namun, situasi berubah 180 derajat dalam kurun 15 menit terakhir babak pertama yang diwarnai dua gol Denmark. Pertama, Denmark menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Cycrus Christie, bola hasil tendangan Andreas Christensen memantul mengenai paha Christie dan berbelok ke gawang sendiri. Skor berubah menjadi imbang 1-1.

Dua menit berselang, Eriksen membawa Denmark unggul dengan memanfaatkan servis Nicolai Joergensen dalam skenario serangan balik. Pemain Tottenham Hotspur, Christian Eriksen melepaskan tendangan kaki kanan yang meluncur ke sudut kiri atas gawang. Bola tak mampu dijangkau penjaga gawang Darren Randolph dan skor pun menjadi 1 - 2.

Skor pun bertahan hingga pluit panjang paruh pertama dibunyikan dan tidak ada lagi gol yang tercipta antara kedua tim.

The Danish Dynamite Dapatkan Sisa Tiket Menuju Russia
The Danish Dynamite Dapatkan Sisa Tiket Menuju Russia 

Sebelum dimulainya kickoff pada babak kedua, tuan rumah melakukan dua pergantian pemain beruntun. Wes Hoolahan masuk menggantikan David Meyler, sementara posisi Harry Arter diambil alih oleh Aiden McGeady.

Memasuki babak kedua, Irlandia yang tertinggal membuka peluang lebih dulu di menit 54. Shane Duffy menyundul bola hasil umpan dari pemain sayap Irlandia namun bola mampu dihalau dengan baik oleh Schmeichel.

Ditengah gencarnya Irlandia melakukan serangan guna menyamakan kedudukan, justru gawang mereka kembali kebobolan. Christian Eriksen lagi-lagi menjadi pemain yang mencatatkan nama pada papan skor. Usai mendapat umpan dari Pione Sisto, punggawa Tottenham Hotspurs itu melepaskan tendangan tendangan dari luar kotak penalti. Bola menghunjam keras ke sisi kiri bawah gawang dan mengubah skor menjadi 1-3.

Tak puas sampai di situ, Eriksen sukses membuat hattrick dalam pertandingan tersebut pada menit ke-74 setelah merebut bola yang tengah berada di kaki Stephen Ward. Kelengahan Ward tak disia-siakan dengan tembakan superkeras yang mengarah ke sudut gawang Irlandia dan mengubah kedudukan menjadi 1-4.

Ternyata, pundi-pundi gol Denmark belum usai sampai di situ. Denmark mendapat hadiah penalti di penghujung pertandingan setelah James McClean melakukan pelanggaran keras di kotak terlarang. Maju sebagai eksekutor, Nicklas Bendtner menembak bola ke pojok atas gawang tanpa mampu diantisipasi oleh Darren Randolph. Skor 5-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan membawa Denmark lolos ke Rusia.

Susunan Pemain Republik Irlandia vs Denmark :

Republik Irlandia : Darren Randolph (PG); Stephen Ward, Ciaran Clark (Shane Long 71'), Shane Duffy, Cyrus Christie, David Meyler (Wesley Hoolahan 46'), Harry Arter (Aiden McGeady 46'), James McClean, Robert Brady, Jeffrey Hendrick, Daryl Murphy.

Denmark : Kasper Schmeichel (PG); Simon Kjaer, Andreas Bjelland, Jens Larsen (Peter Ankersen 54'), Andreas Christensen, William Kvist, Tom Delaney, Christian Eriksen, Nicolai Jorgensen (Nicklas Bendtner 84'), Yussuf Poulsen (Andreas Corneluis 70'), Pione Sisto.

Cuplikan Gol Republik Irlandia vs Denmark

Republik Irlandia melawan Denmark di babak kualifikasi Piala Dunia play-off leg kedua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Italia Gagal Tampil Di Piala Dunia 2018, Buffon Pensiun

Swiss Dan Kroasia Lolos Piala Dunia 2018