Swiss Dan Kroasia Lolos Piala Dunia 2018

Menang Agregat 1 - 0, Swiss Lolos Ke Piala Dunia 2018 Rusia
Menang Agregat 1 - 0, Swiss Lolos Ke Piala Dunia 2018 Rusia

Matagol - Tim Nasional Swiss dan Kroasia menjadi dua wakil berikutnya dari Eropa yang lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Keduanya mendapatkan hasil imbang pada leg kedua tadi malam.

Swiss memastikan kelolosan saat menjamu Irlandia Utara di St. Jakob Park, Senin (13/11/2017) dinihari WIB. Skuat besutan Vladimir Petkovic itu bermain imbang 0-0, hasil itu sudah cukup membawa Swiss ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Secara agregat, tim asuhan Vladimir Petkovic menang 1-0.

Pada leg pertama, Swiss mempermalukan tuan rumah Irlandia 1-0 di Stadion Windsor Park, Kamis (9/11). Satu-satunya gol Swiss pada laga itu dipersembahkan oleh Ricardo Rodriguez pada menit ke-58. Penalti itu sendiri berbau kontroversi setelah Corry Evans dianggap melakukan hand ball, meski bola sebenarnya mengenai lengan atas dan posisinya pasif alias menempel pada badan.

Duel di Basel sebenarnya menghasilkan banyak peluang dari kedua tim. Swiss melepas empat tembakan jitu dari 14 shoot, sementara Irlandia Utara melakukan lima tendangan tepat sasaran ke gawang dari 9 kali percobaan.

Irlandia Utara sempat tampil menyerang membongkar pertahanan Swiss pada awal-awal babak. Namun, Swiss masih mampu meredam serangan demi serangan dari tim tamu. Tidak lama kemudian, Swiss nyaris unggul lewat Chris Brunt, namun sayangnya tendangan jarak jauh Chris Brunt masih bisa dihalau kiper Irlandia Utara.

Pada menit ke-28 Swiss mendapatkan peluang emas melalui tendangan Steven Zuber. Beruntung, tendangannya masih bisa ditepis kiper Irlandia Utara, Michael McGovern. Hingga usai paruh babak pertama, tidak ada terjadi gol antara kedua tim.

Laga babak pertama berakhir, Irlandia Utara yang bermain tandang masih belum mau menyerah. Mereka tetap berusaha melancarkan serangan ke pertahanan Swiss.

Irlandia Utara nyaris saja mencetak gol pada menit ke-54. Tandukan Conor Washington memanfaatkan umpan silang Jamie Ward dari sisi kanan masih melenceng tipis.

Pada masa injury time, Jonny Evans memiliki kans besar via tandukan, tetapi bola dihalau barisan pertahanan Swiss saat mendekati garis gawang. Hingga peluit panjang dbunyikan wasit, tak satu pun gol tercipta.

Timnas Swiss pun berhak meraih tiket Piala Dunia 2018 di Rusia dengan kemenangan agregat 1-0 atas Irlandia Utara di fase play-off.


Luka Modric dan kawan-kawan mendapatkan tiket ke Piala Dunia
Luka Modric dan kawan-kawan mendapatkan tiket ke Piala Dunia

Menyusul langkah Swiss adalah Kroasia, yang juga bermain imbang tanpa gol saat bertandang ke Yunani di Stadio Georgios Karaiskaki, Piraeus, Minggu (12/11/2017). Hasil imbang ini sudah lebih dari cukup untuk Luka Modric dan kawan-kawan mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2018, setelah di leg pertama menang telak 4-1 di kandang sendiri.

Skor tersebut pada dasarnya membuat situasi sudah amat sulit untuk Yunani karena harus menang setidaknya 3-0 untuk lolos. Sementara skuat Kroasia berisi nama-nama yang tak sembarangan, seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, atau Dejan Lovren.

Di pertandingan ini, Yunani memperlihatkan semangat pantang menyerang dengan mendominasi permainan sepanjang laga. Peluang terbaik tim tuan rumah di babak pertama tercipta pada menit ke-17, ketika eksekusi bola mati Sokratis Papastathopoulos masih sedikit melebar.

Sementara itu, ancaman terbaik Vatreni, julukan Kroasia, dibuat pada menit ke-43, saat tembakan Ivan Perisic digagalkan tiang gawang Yunani. Hingga turun minum, skor kacamata menghiasi jalannya laga.

Pada babak kedua, intensitas permainan kedua tim tak banyak berubah. Kroasia mampu menjaga daerah pertahanannya dengan baik. Timnas Yunani baru menciptakan peluang mencetak gol pada menit ke-52, tendangan Panagiotis Tachtsidis masih mampu diblok barisan pertahanan Kroasia.

Berselang enam menit kemudian, Yunani kembali memdapat kesempatan mencetak gol. Tendangan Kostas Mitroglou dari luar kotak penalti melenceng ke sisi kiri gawang Kroasia yang dijaga Danijel Subasic.


Baca Juga : Satria Tama Resmi Bela Madura United Musim Depan

Pada menit ke-79, Yunani sempat membobol gawang Kroasia lewat sontekan Panagiotis Tachtsidis. Sayang wasit menganulir gol tersebut karena menilai hal tersebut offside. Namun, hingga laga usai, tidak ada gol tercipta sehingga Kroasia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia.

Kelolosan Swiss dan Kroasia ini berarti tinggal tersisa dua tiket lagi untuk zona Eropa. Dua jatah terakhir ini akan diperebutkan Denmark dengan Republik Irlandia dan Swedia dengan Italia.

Untuk Swiss, kelolosan tahun ini melanjutkan tren selalu ke putaran final sejak tiga edisi terakhir. Dalam periode tersebut mereka dua kali mencapai babak 16 besar. Sementara Kroasia di edisi lalu tampil mengecewakan, tersingkir di fase grup setelah pada 2010 absen.

Susunan pemain Swiss vs Irlandia :

Swiss (4-2-3-1) : 1-Yann Sommer; 2-Stephan Lichtsteiner, 22-Fabian Schaer, 5-Manuel Akanji, 13-Ricardo Rodriguez; 17-Denis Zakaria, 10-Granit Xhaka; 23-Xherdan Shaqiri (8-Remo Freuler 80'), 15-Blerim Dzemaili (18-Admir Mehmedi 61'), 14-Steven Suber; 9-Haris Seferovic (7-Breel Embolo 86')

Pelatih : Vladimir Petkovic

Irlandia Utara (4-5-1-1) : 1-Michael McGovern; 18-Aaron Hughes, 4-Gareth McAuley, 5-Jonny Evans, 11-Chris Brunt; 19-Jamie Ward (7-Jordan Jones 74'), 8-Steven Davies, 16-Oliver Norwood (21-Josh Magennis 75'), 20-George Saville, 14-Stuart Dallas; Conor Washington (17-Patrick McNair)

Pelatih : Mcihael O'Neill

Wasit : Felix Brych

Susunan pemain Yunani vs Kroasia :


Yunani : 1-Orestis Karnezis, 4-Kostas Manolas, 19-Sokratis Papastathopoulos, 16-Panagiotis Retsos, 15-Vasilis Torosidis, 14-Anastasios Bakasetas (18-Giannis Gianniotas 59'), 17-Panagiotis Tachtsidis, 6-Alexandros Tziolis, 11-Kostas Mitroglou (20-Dimitrios Pelkas 80'), 7-Lazaros Christodoulopoulos (10-Konstantinos Fortounis 59'), 8-Zeca

Pelatih : Michael Skibbe

Kroasia : 23-Danijel Subasic, 21-Domagoj Vida, 6-Dejan Lovren, 3-Ivan Strinic, 2-Sime Vrsaljko, 10-Luka Modric, 11-Marcelo Brozovic, 7-Ivan Rakitic, 4-Ivan Perisic (14-Ante Rebic 86'), 17-Mario Mandzukic, 16-Nikola Kalinic (9-Andrej Kramaric 78')

Pelatih : Zlatko Dalic

Wasit : Bjorn Kuipers

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Italia Gagal Tampil Di Piala Dunia 2018, Buffon Pensiun

Denmark Jadi Negara Ke-30 Yang Maju Ke Piala Dunia 2018