Italia Gagal Tampil Di Piala Dunia 2018, Buffon Pensiun

Gli Azzurri disingkirkan Swedia dengan agregat skor 0 - 1
Gli Azzurri disingkirkan Swedia dengan agregat skor 0 - 1

Matagol - Tim nasional Italia gagal tampil di Piala Dunia 2018 Rusia pasalnya Gli Azzurri disingkirkan Swedia dengan agregat skor 0 - 1 dalam laga Playoff Piala Dunia 2018 Zona Eropa dan Buffon menyatakan pensiun.

Italia dipastikan tersisih setelah bermain imbang 0 - 0 dengan Swedia pada pertandingan leg kedua play-off di San Siro, Selasa (14/11/2017) dinihari WIB. Karena pada leg pertama, Italia takluk 0 - 1 di markas Swedia.

Swedia adalah negara yang paling erat dihubungkan dengan kegagalan timnas Italia untuk lolos di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Sebelum kegagalan tahun ini, Swedia jugalah yang menggagalkan Gli Azurri, julukan Timnas Italia, lolos ke putaran final Piala Dunia edisi 1958 dan ini ke-3 kali nya Italia gagal melaju ke Piala Dunia.

Italia yang pernah menjadi juara dunia sebanyak empat kali pada 2006, 1982, 1938, dan 1934 bakal absen di Rusia tahun depan. Publik San Siro sontak terdiam saat Gli Azzurri tak mampu melangkahkan kaki ke turnamen antarnegara empat tahunan tersebut.

Setelah pertandingan babak pertama dimulai, Italia langsung menampilkan permainan menekan. Skuat besutan Giampiero Ventura menggempur pertahanan Swedia dan memaksa tim tamu bermain bertahan diawal pertandingan.

Italia meminta hadiah penalti pada menit kedelapan setelah Marco Parolo dijatuhkan oleh Ludwig Augustinsson di kotak terlarang. Namun, wasit tak menganggap kejadian tersebut sebagai pelanggaran. 

Tak berselang lama, kini giliran Swedia yang meminta penalti karena menganggap Matteo Darmian melakukan handball. Namun, wasit juga tak mengabulkannya.

Pada menit ke-16, Ciro Immobile menjajal peruntungannya melalui tembakan dari sudut sempit. Upaya ini tak membuahkan hasil karena tendangannya hanya mengenai sisi luar jala gawang.

Antonio Candreva membuang peluang emas yang dia peroleh pada menit ke-28. Meski Candreva berdiri bebas di kotak penalti Swedia dengan ruang tembak yang ideal, tembakannya masih sedikit melambung.

Italia nyaris unggul pada menit ke-40. Immobile yang langsung berhadapan dengan kiper Robin Olsen di kotak penalti dan menembak. Bola tembakan Immobile sudah melewati Olsen, tapi tak masuk gawang karena masih ada Andreas Granqvist yang langsung membuangnya.

Di menit-menit akhir babak pertama, Alessandro Florenzi punya peluang untuk membawa Italia unggul. Tapi, sepakannya dimentahkan oleh Olsen. Hingga turun minum, skor masih 0-0.

Florenzi kembali mendapatkan kans di awal babak kedua. Pemain AS Roma itu menyambut umpan silang Darmian dengan tembakan akrobatik, tapi arah bola masih sedikit melenceng.

Tak kunjung mendapatkan gol yang mereka butuhkan, Italia menarik keluar Darmian dan Gabbiadini. Sebagai gantinya, Stephan El Shaarawy dan Andrea Belotti dimainkan.

Italia terus menggempur Swedia dan punya kesempatan di menit ke-83. Namun, sundulan Parolo bisa diantisipasi oleh Olsen. Tak berselang lama, tembakan mendatar Belotti tak menemui sasaran.

Percobaan El Shaarawy pada menit ke-87 terlihat sangat menjanjikan. Tembakan voli El Shaarawy dari dalam kotak penalti meluncur deras ke arah gawang, tapi Olsen menunjukkan refleks yang sangat baik untuk menepis bola.

Italia terus berusaha di sisa waktu. Jorginho punya peluang di injury time, tapi tembakannya masih melenceng. Hingga laga berakhir, Italia gagal mencetak gol dan harus tertunduk lesu karena gagal lolos ke Piala Dunia.

Gianluigi Buffon Putuskan Pensiun Setelah Gagal Ke Piala Dunia 2018
Gianluigi Buffon Putuskan Pensiun Setelah Gagal Ke Piala Dunia 2018

Setelah kegagalan maju ke Piala Dunia 2018, kiper sekaligus kapten timnas Italia, Gianluigi Buffon, pun memutuskan pensiun dari gelanggang internasional. Selepas laga, Buffon menyampaikan bahwa itulah kiprah pamungkasnya dengan seragam timnas.

"Saya minta maaf kepada semuanya karena kami gagal lolos ke Piala Dunia," kata Buffon di akun Twitter resmi timnas Italia.

"Sangat disayangkan laga resmi terakhir saya bersamaan dengan kegagalan lolos ke Piala Dunia," tutur Buffon sambil meneteskan air mata, seperti dilansir Rai Sport.

"Saya meninggalkan timnas dengan talenta yang tak perlu diragukan lagi, termasuk Gianluigi Donnarumma dan Mattia Perin," kata sosok berusia 39 tahun tersebut.

"Selain itu, saya ingin memberikan pelukan kepada Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Leonardo Bonucci. Saya telah bersama mereka hampir sepuluh tahun," ujar Buffon menambahkan.

Keputusan Buffon untuk mundur dari timnas mengundang respons berbagai pihak. Salah satunya, akun resmi Piala Dunia menyampaikan pesan perpisahan kepada peraih medali juara dunia pada 2006 tersebut. Bersama timnas Italia, Buffon sudah melalui jalan panjang.

Dia tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang sejarah, yaitu 175 laga. Bersama Buffon pula, Italia merebut posisi kedua Piala Eropa 2012, tempat ketiga Piala Konfederasi 2013, dan gelar juara Piala Dunia 2006.

Hal menarik lain dari karier Buffon di timnas Italia adalah persamaan antara awal dan akhirnya. Karier Buffon menjaga gawang Italia juga dimulai pada babak play-off. Tepatnya, ketika Italia harus melewati tantangan Rusia pada play-off Piala Dunia 1998.

Buffon turun pada leg pertama yang dimainkan di Stadion Dynamo, Moskwa, 29 Oktober 1997, di tengah cuaca dingin dan bersalju. Pelatih Italia saat itu, Cesare Maldini, menurunkan Buffon pada menit ke-32 menggantikan Gianluca Pagliuca yang cedera.

Setelah 20 tahun 15 hari, Buffon pun harus mengakhiri kariernya bersama Gli Azzurri. Namun, berbeda dengan debutnya, kali ini kiper Juventus itu gagal mengantarkan timnya lolos ke putaran final.

Baca Juga : David De Gea Pernah Berlatih Menjadi Seorang Penyerang

Susunan Pemain Italia vs Swedia :

Italia : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva (Bernardeschi 76'), Florenzi, Jorginho, Parolo, Darmian (El Shaarawy 63'); Immobile, Gabbiadini (Belotti 63') 

Swedia : Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson (Rohden 72'), Larsson, Johansson (Svensson 19'), Forsberg; Toivonen (Thelin 54'), Berg


Italia Gagal Lolos Ke Piala Dunia 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Swiss Dan Kroasia Lolos Piala Dunia 2018

Denmark Jadi Negara Ke-30 Yang Maju Ke Piala Dunia 2018